"/>

Kamis, 23 Januari 2014

NASA Kirim Sayuran untuk Ditanam di Bulan


Menanam tanaman di pekarangan, halaman, atau kebun samping rumah sudah biasa. Bagaimana jika menanam tanaman di bulan? Terdengar gila bukan. Tetapi hal inilah yang direncanakan NASA.NASA merencanakan untuk menanam tanaman sayur di bulan untuk pertama kalinya. Hal ini memang terdengar gila. Memasak sayuran menjadi sup sepertinya lebih terdengar nikmat dan mungkin. Akan tetapi, rencana ini akan segera mulai dijalankan dengan mengirimkan benih sayuran kemangi, lobak, dan selada.


Sumber : www.physics.org

Benih sayuran tersebut ditempatkan di dalam tabung Lunar Pertumbuhan Tanaman Chamber yang telah dirancang secara khusus. Tabung ini berisi cukup udara untuk 10 hari. NASA menyatakan bahwa udara yang tersimpan tersebut akan cukup untuk benih untuk berkecambah dan tumbuh selama 5 hari. Percobaan ini diharapkan dapat membuka jalan untuk astronot agar bisa menanam kebutuhan makanan mereka sendiri selama hidup di dalam lunar.

Percobaan ini akan diluncurkan pada tahun 2015 sebagai bagian dari Moon Express. NASA mengatakan bahwa sinar matahari alami dapat digunakan untuk berkecambah benih di dalam ruangan dan benih selanjutnya akan tumbuh pada kertas filter yang mengandung cukup nutrisi. Hal ini seperti pada percobaan sains yang sering dilakukan siswa di sekolah dasar.

Percobaan ini juga dapat memberikan informasi terkait kemungkinan didapati kehidupan di bulan. Pengiriman bibit sayuran ke bulan merupakan langkah pertama yang bertujuan jangka panjang untuk mengetahui kemungkinan manusia dapat hidup di bulan.

Adapun bibit sayuran dipilih karena bibit memiliki sensitifiatas dengan lingkungan yang mirip dengan manusia. Sensitifitas yang dimiliki bibit terkadang bahkan melebihi sensitifitas manusia. Bibit dapat rusak jika terkena paparan radiasi seperti halnya manusia. Jika tanaman ini selanjutnya dapat berkembang, maka masih ada kemungkinan manusia juga dapat hidup dan bekerja di bulan.


Sumber : www.physics.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar